Niche, satu kata yang pasti tidak asing lagi bagi seorang blogger atau pemilik website, yang biasa dikenal juga dengan topik, adalah penting bagi mereka yang menginginkan blog atau website mereka mempunyai pengunjung tetap dan banyak. Mengapa sebuah blog harus mempunyai niche? Jawabannya adalah tidak harus. Tergantung pribadi yang punya blog atau website. Ada yang blognya diisi dengan postingan tentang apa saja, tidak ada topik khusus, umum, dan tidak saling berhubungan. Ada juga yang mengisi blog mereka dengan postingan yang bertopik sama dan saling berkaitan antara satu dengan lainnya, yang inilah disebuh niche. Blog dengan satu topik, cerita, dan gaya penulisan. Misalnya blog yang hanya berisi tentang tutorial belajar fotografi, ya! hanya tentang fotografi.
Lalu kenapa saya harus bingung? Bingungnya tuh karena ga tau mau pilih pake niche apa buat blog baruku. Dari hasil googling tentang niche, udah dapat banyak artikel dan ebook yang bahas tentang hal ini. Malah makin bingung menentukan niche apa yang harus dipakai. Inti dari semua artikel yang saya baca, memilih niche haruslah sesuai dengan minat dan tujuan kita membuat blog. Tapi sebagian besar tujuan utamanya adalah untuk internet marketing. ya, niche yang tepat adalah yang banyak dicari orang di internet, yang sedikit saingannya, dan yang sesuai dengan minat kita sebagai seorang blogger. Dan dengan niche yang tepat, pengunjung blog kita akan terus berdatangan, ada yang jadi pengunjung tetap, dan bila semakin ramai dikunjungi, blog kita bisa dijadikan penghasil uang.
Mari kita lihat, bila niche itu berdasarkan minat kita, misalnya fotografi. Kemudian kata ‘fotografi’ kita cari di google trends, misalanya yang paling banyak dicari orang adalah kata ‘belajar fotografi’ dan kata tadi yang memiliki saingan paling sedikit, maka itulah niche blog yang terbaik. Sekarang cobalah untuk menilai para saingan kita dengan niche ‘belajar fotografi’, wow… tampaknya butuh kerja keras supaya bisa menyaingi mereka untuk menjadi salah satu blog di urutan 10 besar pencarian google. Kenapa harus 10 besar? Karena di 10 besar pencarian google, kemungkinan semakin banyak pengunjung blog kamu sudah pasti bertambah.
Jadi? Niche apa yang cocok buat blog atau website kamu? Saya masih bingung memilihnya🙂

Posted by Wordmobi