Sedikit bercerita tentang social bookmarking yang lagi digandrungi para web surfer belakangan ini, termasuk juga saya tentunya. Antara facebook, twitter, dan friendter, pasti diantara kamu pernah dan aktif di dalamnya. Baik itu sekedar iseng, ikut trend teknologi sekarang ini, berbisnis, atau yang memang serius untuk mencari teman dan menjalin persahabatan dengan teman atau orang lain.

Friendster, pertama kali muncul dan jadi trend para anak muda dalam interaksi pertemanan lewat internet. Kita bisa saling memberikan “comment” pada friendster teman kita, berkirim pesan, dan saling memberi selamat bila ada pemberitahuan ulang tahun teman kita. Kini jujur saja, account saya di friendster hampir tidak pernah lagi saya buka… Mungkin demikian juga dengan teman-teman saya yang pernah menggunakan layanan ini. Fenomena friendster tampaknya telah dikalahkan dengan munculnya social bookmarking baru yang lebih powerfull dan memiliki berbagai macam fitur menarik dan patut dicoba. Iya, dialah facebook !

Facebook kini telah memiliki jumlah user sebanyak 140 juta orang dengan pengunjung per harinya sebanyak 600.000 orang. Bahkan pada hari natal tahun lalu, facebook sempat mengalahkan google dilihat dari dari jumlah pengunjung. Coba saja tanya teman kamu, paman kamu, adik kamu, semua pasti telah memiliki account di facebook bukan? Dengan facebook kita bisa saling chatting antar sesama pengguna yang sementara online, berkirim pesan dan comment adalah hal yang biasa di facebook, tag dan berbagi foto dengan teman lain, membuat undangan, grup, atau mengikuti grup yang sehobi dengan hobi kita, main game online, dan yang paling menghebohkan adalah playing poker. Hampir semua pengguna laptop yang datang di warkop untuk berinternet ria selalu memainkan game ini. Saya telah mempunyai account di facebook sejak facebook belum seramai sekarang, hanya asal buat dan mengikuti trend, tapi malah ketagihan dan aktif di sana.

Setelah lama main di facebook, kini ada mainan baru lagi yang membuat saya ingin mencobanya. twitter !!! Sebenarnya di twitter kita hanya bisa menupdate status (tweet) dan follow twitternya orang lain yang telah menjadi teman kita. Update statusnya juga hanya terbatas 140 karakter saja, untuk urusan upload foto dan file hanya bisa dengan menggunakan layanan penyimpanan foto dari pihak lain memajang link foto tadi ke twitter kita. Yang membuat twitter seru adalah update statusnya yang bisa dibilang cepat dan up to date. Karena awalnya layanan ini dibuat adalah sebagai microblogging atau penyedia layanan berita yang up to date. Dengan twitter kita bebas memilih mau melihat info atau berita terbaru dari situs berita apa, berita terbaru atau kegiatan publik figur kesukaan kita atau teman kita langsung dari twitternya. Entah kenapa, saya malah lebih aktif mengupdate status di twitter daripada di facebook… walaupun di twitter jarang ada yang mengomentari status saya, beda dengan di facebook. Ini yang mungkin membuat saya lebih enak di twiiter🙂