Untuk yang ke-tiga kalinya, Roentgen Fotografi FK Unhas mengadakan diksar untuk merekrut fotografer-fotografer muda untuk ikut bergabung bersama salah satu ekskul fotografi ini. Nama acara kali ini adalah “Belajar Motret” yang diadakan di Ruang PPDS lantai 3 Fakultas Kedokteran Unhas pada tanggal 15-16 Desember 2007. Peserta yang hadir pada kegiatan ini sekitar 28 orang, dimana para peserta diberikan materi pada hari pertama tentang dasar-dasar fotografi, mulai dari sejarah fotografi, fotografi secara umum, anatomi kamera, teknik fotgrafi, sampai pada langkah-langkah memotret. Pemateri yang hadir kemarin antara lain Yoesrianto Tahir (RFer’ 00), Ilham Halimsyah (PERFORMA), Irfan (UKM Fotografi Unhas), Tufiqurachman (RFer’ 00) dan saya sendiri.

        Pada hari ke-dua, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung materi yang telah diberikan sebelumnya yang mana hasil foto dari hunting para peserta ini akan di kurasi untuk memilih foto terbaik dan dipajang di mading Roentgen Fotografi. Hunting hari ke-dua diadakan di Danau Unhas, dimulai pada pukul 7.20 pagi sampai pada pukul 9.00. Ada juga beberapa peserta yang baru sempat datang pada hunting kali ini karena berhalangan hadir pada hari pertama, sehingga harus diberi kursus singkat fotografi. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing kelompok diberi satu kamera DSLR untuk digunakan memotret. Masing-masing peserta diberi waktu 3 menit untuk memotret sebuah objek dari 3 objek yang harus dikumpulkan tiap peserta.

        Setelah berkeliling danau dan mencari-cari objek yang akan dipotret, peserta kemudian berkumpul di Gekung Ipteks untuk mengikuti acara penutupan. Sebenarnya menurut jadwal, setelah hunting bersama langsung diadakan pembahasan hasil foto, tapi karena hari sudah semakin siang dan para peserta kelelahan berkeliling danau, maka acara dilanjutkan dengan penutupan. Sekarang para peserta tinggal menunggu saja, foto siapa yang nantinya terpilih untuk dipajang di mading Roentgen Fotografi….

“Selamat Datang RFer muda komunitas pecinta cahaya”